Perputaran Nasib Transaksi Online

http://sayangberbagi.blogspot.com/2014/12/perputaran-nasib-transaksi-online.html
Transaksi daring (online) dulu dianggap sebelah mata oleh banyak pihak, termasuk pengguna internet sendiri. Maraknya kasus penipuan yang terjadi membuat transaksi online adalah alternatif terakhir bagi siapa pun yang ingin membeli barang. Dengan kata lain, jika tidak terpaksa, jangan sampai deh bertransaksi online.

Namun, kondisinya kini berbalik 180 derajat. Jika dulu orang bertransaksi online karena terpaksa, sekarang sebaliknya. Mereka memilih untuk bertransaksi online ketimbang harus menyisihkan waktu untuk membeli barang dengan datang langsung ke mal-mal terdekat. Kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh situs-situs belanja populer semakin hari semakin baik dan hal tersebut adalah nilai lebih jika dibandingkan dengan keharusan bermacet-macetan dan berpanas-panasan di jalan untuk menuju tempat berbelanja.

Semakin banyaknya situs yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan berbelanja, dibarengi dengan keinginan para pelaku e-commerce untuk memberantas para penipu-penipu yang seolah menjadi parasit dunia transaksi online sejak awal. Salah satu situs yang sangat perhatian terhadap penipu adalah Bukalapak.com.

Situs pasar daring (online marketplace) tersebut memiliki sistem transaksi yang diberi nama BL Payment System yang mengikat seluruh pengguna Bukalapak. Kelebihan BL Payment System adalah jaminan 100 persen uang kembali jika transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli di dalam platform Bukalapak gagal terlaksana karena beberapa sebab, mulai penjual yang menolak transaksi, hingga barang tak kunjung dikirim oleh penjual.

Click to comment