Ciri Kipas Cooling Pad yang Tepat

Cooling pad atau pendingin laptop adalah piranti yang berguna untuk meredam panas berlebih pada laptop ketika ia sudah dipakai terlalu lama. Benda ini digunakan di bawah laptop dan akan menghasilkan angin dari kipasnya.

Dalam memilih cooling pad yang tepat, Anda juga harus melihat dari kipasnya. Ciri-ciri kipas cooling pad yang baik pun bisa dilihat dari lima hal berikut:

1. Kipasnya berukuran besar. Dengan ukuran yang besar, tentu akan menghasilkan hembusan angin yang besar pula.

2. Jumlah kipas lebih dari satu. Usahakan memilih cooling pad yang memiliki kipas lebih dari satu. Umumnya produsen membuat dua buah kipas dalam sebuah cooling pad. Dengan jumlah kipas yang lebih dari satu, kemungkinan angin yang dihasilkan akan langsung mengarah pada lubang ventilasi laptop.

3. Memiliki kecepatan yang cepat. Untuk mengetahui ciri ini, terlebih dulu Anda bisa menjajalnya di toko. Atau Anda juga bisa menanyakan kecepatan putaran (rpm) kipas pada penjualnya.

4. Tidak bising. Tingkat kebisingan kipas mungkin berpengaruh pada sebagian orang karena bisa mengganggu pekerjaan mereka. Pilihlah cooling pad yang tidak terlalu bising saat menyala. Atau Anda bisa menanyakan berapa besar dBA nya pada penjual.

5. Arah anginnya ke luar atau ke bawah. Arah angin yang seperti ini tidak akan memasukkan debu ke lubang ventilasi laptop, karena arahnya ke luar. Jadi laptop akan mendingin secara perlahan dan tak akan terkena debu.

Cooling pad yang tepat tentu akan bekerja maksimal dalam mengatasi overheat pada laptop. Lubang ventilasi pun dapat berfungsi baik karena sirkulasinya lancar. Cukup mudah bukan, memilih cooling pad yang tepat untuk laptop Anda?

Click to comment