Sarung Tinju Legendaris Muhammad Ali Terjual 12 Milyar

Sayangberbagi - Petinju kelas berat Muhammad Ali memang sudah tak berlaga lagi di ring tinju, namun namanya akan selalu dikenal sebagai olahragawan yang mendunia.

Kemampuannya memang membuat banyak orang terpukau. Apalagi ketika ia pertama kali mengeluarkan teknik rahasia yang dikenal dengan sebutan ‘pukulan bayangan’ pada pertandingan melawan Sonny Liston, 25 Mei 1965. Ketika itu ia melancarkan serangannya ke wajad Liston pada ronde pertama.

Pukulan bayangan tersebut membuat Liston KO seketika dan mendadak membuat sarung tinju yang digunakan Muhammad Ali menjadi buruan para kolektor. Dulu Ali memang tak ada niat untuk menjual sarung tinju bersejarah tersebut karena memang ingin menyimpannya. Namun belakangan ia berubah pikiran.

Beberapa hari lalu sarung tinju pukulan bayangan tersebut laku dengan harga US$ 956 atau sekitar Rp 12 miliar. Sayangnya pembeli sarung tinju tersebut tak mau identitasnya dibocorkan. Saat membeli sarung tinju tersebut, sang pembeli mendapat pesan khusus dari Ali yang berbunyi “Ini adalah barang paling penting dalam kehidupan saya yang pernah hadir di pasar,” tulisnya dalam secarik kertas.

Sebelum ini Muhammad Ali juga pernah menjual sarung tinju kesayangannya pada bulan Agustus 2014 lalu. Ia menjual sarung tinju yang dipakai saat bertanding melawan Joe Fraizer di tahun 1971 silam. Sarung tinju tersebut laku terjual seharga US$ 836.500 atau setara Rp 9,8 miliar.

Click to comment